Strategi Pemasaran, Apakah Penting?

Apa Itu Proses Perencanaan Pemasaran?

Proses Perencanaan pemasaran adalah bagian dari proses pemasaran yang berkaitan denganpenyusunan strategi manajemen pemasaran dan merupakan dasar bagi identifikasi pasar, upayamenarik calon pembeli, dan mengkonversinya menjadi pembeli. Kemudian jangan lupa,mempertahankannya menjadi pelanggan setia kita karena itulah salah satu esensi pengertianperencanaan pemasaran.

Berikut ini adalah beberapa fungsi penting, antara lain yaitu:

1. Fungsi Penyampaian Produk (Distributing)

Fungsi dari manajemen pemasaran ini sangat penting dengan tujuan supaya produk Anda diketahui oleh masyarakat luas. Maka, masyarakat akan tertarik untuk membelinya. Dengan tidak adanya fungsi pertama ini, maka bagaiman masyarakat tahu mengenai produk bisnis Anda.

2. Fungsi Jual-Beli (Trading)

Fungsi manajemen yang kedua adalah hakikat dasar dari manajemen pemasaran guna bisa memberikan keuntungan dari proses jual-beli produk yang ia punya. Jual-beli tersebut adalah aktivitas dari adanya transaksi produk baik itu dalam bentuk barang ataupun jasa yang dilakukan oleh produsen dengan konsumen.

Apabila benar-benar prinsip ini dapat diterapkan oleh manajemen pemasaran, maka hal ini akan memberikan manfaat untuk perusahaan dan juga konsumen.

3. Fungsi Penyediaan Sarana (Facilitating)

Fungsi ketiga adalah fungsi yang berkaitan dengan berbagai aspek untuk meraih kelancaran produksi. Aspek tersebut antara lain adalah aspek penggudangan, komunikasi, dan juga penyortiran produk supaya sesuai dengan standar.

4. Fungsi Riset (Research)

Manajemen pemasaran pun harus mengadakan riset terhadap konsumen mengenai barang apa yang tengah diperlukan oleh konsumen. Sehingga, di dalam proses pemasarannya nanti akan dapat diterima dan laku di pasaran.

5. Fungsi Pemrosesan (Processing)

Fungsi pemrosesan adalah suatu proses pengubahan sebuah barang agar menjadi barang yang mempunyai nilai tambah. Sehingga, nantinya akan menambah nilai jual dari barang tersebut.

Leave a comment